Cara mutasi kendaraan bermotor Jakarta ke Banyumas jawa tengah

Setelah mengetahui tempo plat motor saya akan segera habis dan ktp sementara yang saya gunakan dulu tidak berlaku lagi untuk keperluan memperpanjang surat kendaraan motor.

waduh jadi panik karena saya sering jarak jauh menggunakan motor.
kronologinya begini dulu waktu saya balik nama pertama menggunakan ktp sementara DKI.

namanya perantau harus melapor ke RT setempat dan harus mebuat ktp sementara dan selama saya masih berdomisili di daerah tempat saya bekerja.

pas balik nama pertama saya menggunakan ktp sementara itu untuk memudahkan proses pengurusan bayar pajak motor di daerah tempat domisili dan dulu belum ada sistem bayar on line seperti di tahun sekarang ini.

Dan sekarang yang berlaku adalah E-KTP (Elektronik-kartu tanda penduduk) dimana alamatnya di daerah tempat saya lahir Wah...Jadi  repot sendiri gapapalah itung itung pengalaman.

dua kali saya mengurus balik nama kendaraan saya yang pertama sekitar tahun 2013 kondisi plat masih berlaku 2 tahun lagi cuma pajak saja yang belum di bayar dan masih sama satu daerah,sekarang di tahun 2015 plat harus di ganti.

mau ga mau saya harus mutasi ke daerah tempat tinggal di kampung sesuai ktp yang berlaku sekarang E-KTP agar kendaraan motor tidak ada masalah dalam urusan surat dan pajak ke depanya.

Sebagai warga negara yang baik saya mengurus mutasi plat motor guna melengkapi dan menghidupi pajak motor.

Saya berangkat mengurus sendiri ke polda metro jaya semanggi-kelurahan setia budi jakarta selatan. dari jakarta (plat-B) ke kampung banyumas (plat -R) jawa tengah.

Tetapi kalau anda yang super sibuk bisa menggunakan jasa calo.
Pertama anda harus registrasikan dulu ke tempat pendaftaran cabut berkas.

SIMAK JUGA :19 Rahasia Manfaat Konsumi Kulit Aple Untuk kesehatan

Persiapan yang harus di bawa adalah
sebagai berikut:

1.BPKB asli (fotocopy dua lembar)

2.STNK asli (fotocopy dua lembar)

3.KTP asli daerah yang di tuju (fotocopy 1lembar.

4.bawa kendaraan motor anda untuk cek fisik no rangka dan mesin  kendaraan.

5.serahkan kepada petugas
Jadikan satu map.

Tanyakan bisa sehari jadi atau harus menunggu kalau menunggu minta surat jalanya,foto copi stnk dan bpkb satu untuk berkas,satu lagi untuk kita pegang.

Jangan lupa lampirkan nama dan nomor telefon yang bisa di hubungi
Proses memakan waktu kurang lebih satu minggu
tetapi benar waktu itu berkas saya jadi dalam satu minggu, perlu di ingat berkas berlaku hanya 2 bulan terhitung setelah tanggal berkas di buat.
Kemudian saya pulang kampung ke daerah tujuan mutasi kendaraan dan mengurus ke samsat terdekat.

Datang ke samsat di usahakan  lebih awal agar tidak mengantri.
Prosedurnya adalah:

1.menyerahkan semua berkas kepada petugas ( STNK,BPKB,no rangka dan mesin serta surat keterangan mutasi) Sertakan pula surat keterangan dari desa bahwa anda masih menjadi warga yang sah sesuai dg ktp yang masih berlaku yang isinya menjelaskan bahwa anda pernah berdomisili di tempat tinggal (kerja) dulu.

2. Bawa kendaraan ke tempat cek fisik
Nanti petugas akan mengecek no rangka dan mesin kendaraan.

3.tulis no telefon yang bisa di hubungi
  proses mutasi bisa jadi sehari dan paling lama satu minggu.
https://budayakanberbagi.blogspot.co.id/
Gambar surat berkas mutasi.
Apabila kita di suruh menunggu
Tenang saja nanti akan di kasih surat jalan kendaraan agar tetap aman berkendara apabila ada hal yang tidak di ingginkan di jalan tunggulah anda akan di hubungi kembali oleh petugas untuk mengabil bpkb,stnk dan plat baru anda
kurang lebih seperti itu proses mutasi ke daerah semoga bermanfaat.
.

19 Responses to "Cara mutasi kendaraan bermotor Jakarta ke Banyumas jawa tengah"

  1. Terimakasih infonya...sangat membantu

    ReplyDelete
  2. motornya harus dibawa juga y k kampungnya. apa bisa dicek fisik disini y?

    ReplyDelete
  3. Motor di bawa ke kampung
    Nanti di cek fisik di sana

    ReplyDelete
  4. Berhubung saya sedang di Purwokwerto, dan motornya dari Bekasi, berarti kalo plat motornya B, harus ganti ke plat R kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau mutasi ke purwokerto harus cabut berkas dulu gan

      Delete
  5. Maaf mas mau tanya. Kalo misal mau
    mutasi dari plat T (Purwakarta) ke
    Jateng Plat G apakah nopolnya
    diganti. misal T 1234 X apakah ganti ke G 5678 Z atau cuma T-nya doang yang ganti jadi G 1234 X ? Mohon di bantu jawab mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas akan berubah misal
      T 1234 X
      akan berubah
      G 5678 Z
      kesimpulanya nopolnya berubah seperti punya kendaraan saya Platnya berubah Dari huruf dan angka.

      semoga membantu...jawabanya.

      Delete
  6. Mutasi ninja rr 150 cc ngaruh biaya gede ga gan..

    ReplyDelete
  7. Misi gan klo motor ny ada di kampung harus di bawa ke jkrt dulu yah ...mutasi ny dari jkrt ke kampung

    ReplyDelete
  8. Berkas cabut/mutasi plat B ke pwt saya udah d tangan proses selanjutnya d samsat pwt apakah kena biaya lagi.. Tolong jwbn a

    ReplyDelete
  9. Biyaya kira2 berapa gan biar ada persiapan jadi ga minjem2

    ReplyDelete
  10. Mutasi plat B ke plat R banyumas.. tp mtr di kampung,. Apa bisa tanpa harus cek fisik motor di bawa ke jakarta.. mohon infonya...

    ReplyDelete
  11. Kira" habis berapa duit yo gan.. klo plat B pindah ke plat R... mohon penjelasan

    ReplyDelete
  12. Maaf mas mau nanya,biayanya kalau mutasi sndiri kira2 hbs brpa ya.mksh

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel