Begini Cara Memperbaiki Koneksi Usb Ponsel ke Laptop Tidak Terdeteksi di Windows 10.

Pernah mengalami perangkat ponsel tidak terdeteksi di laptop atau komputer mungkin sebelumnya lancar-lancar saja tetapi karena ada kesalahan sistem di perangkat komputer atau ponsel setelah mendownload aplikasi control manager di kedua perangkat ponsel dan laptop walhasil koneksi port Usb tidak berfungsi secara optimal bahkan sampai perangkat ponsel tidak terbaca di laptop.
https://budayakanberbagi.blogspot.co.id/

Walaupun sudah beberapa kali ganti kabel Usb masih tetap saja tidak terdeteksi di laptop sungguh menjengkelkan , walaupun sekarang laptop / computer sudah menyediakan fitur transfer file melalui bluetooth maupun aplikasi seperti share-it akan tetapi cara yang sering di pilih adalah penyambungan manual data transfer melalui Port Usb karena lebih simple.

Untuk kebutuhan back up data mengirim file , foto, video, maupun lagu yang pada umumnya di lakukan untuk sekedar menyimpanya di folder komputer namun anda mengalami kendala perangkat tidak terdeteksi di laptop.

Lalu bagaimana cara mengatasi perangkat ponsel yang tidak terdeteksi di laptop ikuti cara memperbaikinya di bawah ini :

#1.kabel Usb
Periksa kabel Usb dengan teliti apakah tidak ada kerusakan di kabel usb maupun konektornya, Coba ganti kabel Usb lain lalu sambungkan ke perangkat ponsel anda bila cara sederhana ini berhasil permasalahanya clear cuma ada di kabel Usb tersebut.

#2.Ganti perangkat ponsel lain
Apabila anda mempunyai dua ponsel coba ganti ponsel yang ke dua apabila
di ponsel yang kedua tersambung dan terbaca di komputer maka sudah pasti kesalahan ada sistem transfer pengaturan koneksi di perangkat ponsel anda yang pertama. cara ini paling simple untuk mengetahui tidak terdeteksinya dari mana apakah dari ponsel atau dari laptop/computer.

#3.Device Manager
Buka pengaturan di komputer atau laptop anda, caranya :
  - klik start
  - klik device manager
  - klik di pengaturan Usb serial bush controller
  - Apabila ada 7 usb sampai 8 macam usb yang tersambung maka pengaturan ini sudah benar , kemungkinan berarti ada kesalahan sistem transfer di pengaturan ponsel.

 #4.Pengaturan Ponsel
  - Buka pengaturan ponsel
  - klik tanda gear
  - klik penyimpanan storage
  - centang enable kolom sambungan Mtp
  - lalu hubungkan kembali ponsel ke laptop
  - jika sudah muncul icon sambungan Usb di ponsel maka sudah berhasil terdeteksi lalu otomatis akan terdeteksi di laptop.

https://budayakanberbagi.blogspot.co.id/

 #5.Instal ulang driver usb
Biasanya setiap bawaan sistem oprasi windows seperti windows 10 yang saya gunakan tetapi tidak semua ponsel smartphone akan Kompaitable dengan driver generik bawaan, solusinya anda harus selalu instal ulang atau up date pembaruan dari produsen ponsel anda.

 #6.Uninstal Aplikasi download
Apabila anda pernah mendownload aplikasi seperti mirror go di ponsel atau sejenisnya otomatis di laptop juga harus ada penginstalan aplikasi yang sama untuk dapat menghubungkan antara ponsel dan laptop, mungkin fungsinya untuk menampilkan aktifitas layar ponsel ke layar laptop dan ada fitur lainya seperti screen recording.
Akan tetapi anda menggunakan aplikasi yang gratisan (free trial) dan harus up grade ke premium nah di sini biang masalahnya karena sistem pengoprasian kerap menggangu kinerja pada laptop ketika pertama kabel Usb dihubungkan antara kedua perangkat, maka laptop akan menampilkan scren layar ponsel anda dan selalu meminta update pembaruan maka akan sangat mengganggu aktifitas pekerjaan anda
maka dari itu segeralah Uninstal aplikasi dari laptop dan ponsel kemudian restart kedua perangkat lalu coba test sambungkan kabel Usb apabila sudah terbaca maka sistem di kedua perangkat tidak ada masalah.

Baca juga : Optimalkan Kinerja Aplikasi Androidmu.
Apabila tata cara di atas step by step semua tidak bisa mengatasi permasalahan coba lakukan langkah terakhir , dimana cara ini saya temukan secara tidak sengaja dan alhamdulilah berhasil.

Langkahnya sebagai berikut :
- pastikan sudah mengikuti ke enam langkah di atas
- apabila benar dari  ponsel lakukan cara di bawah ini .
 1.Re-start komputer
 2.Sambungkan Usb ke ponsel
 3.Dalam keadaan Usb tetap tersambung antara ponsel dan laptop lalu
 4. Buka pengaturan / setelan ponsel.
 5. Buka tentang ponsel
     ( menu paling bawah)
 6. Buka informasi perangkat
      (Menu Paling bawah)
 7. Klik double pada versi android
 8. sampai muncul icon versi android
 9.Lalu tahan lama jari anda di icon tersebut sampai muncul versi androidnya
 10.Atau dengan ketukan tiga jari di icon versi gambar android anda
Note:*setiap versi android memiliki icon yang berbeda-beda*
11. Maka setelah muncul icon android seperti game yang berjalan  seketika itu ponsel akan bergetar & memunculkan sambungan Usb.
12. Periksa di laptop maka yang pertama muncul adalah bukan serial nama ponsel anda melainkan sambungan MTP berlogo ponsel.
13. Klik kanan lalu refresh laptop
14. Sudah clear dengan cara ini.

Oke sekian dari saya semoga article ini bermanfaat jangan lupa bagikan ke teman yang lain apabila mengalami kendala perangkat ponsel Usb tidak terdeteksi di komputer / laptop oprasi windows 10.

0 Response to "Begini Cara Memperbaiki Koneksi Usb Ponsel ke Laptop Tidak Terdeteksi di Windows 10."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel