Apa Itu Bitcoin Kelebihan dan kelemahanya

Saya mulai mengenal bitcoin pada sekitar tahun 2015 hanya berawal dari sekedar iseng lalu pada akhirnya rasa ingin tau muncul seperti apa mata uang bitcoin itu bagaimana kegunaan serta kelemahanya? berbagai forum untuk bertukar pengetahuan tentang cryptocurency khususnya membahas bitcoin dan altcoin saya kunjungi untuk saling bertukar pengetahuan antar sesama member user forum memang menarik untuk membahas mata uang sakti ini sepertinya dan tidak bisa di pungkiri bahwa kemajuan zaman di era dunia yang serba digital ini banyak sekali memunculkan inovasi baru dan salah satunya adalah mata uang digital yang di sebut Bitcoin.

http://budayakanberbagi.blogspot.com
Bitcoin
Bitcoin adalah
mata uang virtual/digital yang digunakan sebagai alat transaksi pembayaran di dunia digital tidak berbentuk fisik karena hanya bisa di temui di dunia digital saja
bitcoin pertama kali di temukan oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Sathosi Nakamoto dari jepang akan tetapi sampai saat ini belum di ketahui identitas asli siapa pencipta bitcoin ini.

Menurut beberapa sumber bitcoin di kembangkan pada tahun 2009 oleh satoshi nakamoto dan santer terdengar berita yang belum benar kebenaranya  bitcoin mulai ditinggal pengembangnya pada sekitar tahun 2010 di saat mata uang ini mulai tenar di kalangan Ecomerce banyak yang menggunakanya karena bitcoin di nilai mata uang sakti yang sifat desentralisasi dan tidak mudah terkena inflasi karena tidak di kontrol perorangan dan tidak terikat dengan suatu lembaga maupun pemerintah.

Bitcoin di ciptakan melalui proses minning atau di tambang alat yang digunakan adalah komputer canggih yang dapat mengguraikan alogaritma matematika yang rumit sehingga menghasilkan rangkain block bitcoin dan terciptalah bitcoin.

Awal mula tercipta bitcoin melalui minner/penambang setiap para penambang bitcoin akan di hadiahi 1 blok 50 bitcoin dan terus berkurang per tiap bloknya 25 bitcoin dan akan terus berkurang  lagi setelah empat tahun berjalan prosesi ini banyak yang menyebut halving day dan seterusnya sampai kurun waktu 2040 mendatang tenggang waktu yang di perkirakan untuk pencetakan mata uang digital ini.

Bitcoin di batasi jumlah suplai hanya akan beredar 21 juta bitcoin saja di seluruh dunia sampai di tambang habis  pada tahun 2040 untuk para minner di seluruh dunia yang ikut berpartisipasi dan bitcoin akan terus berkurang tiap empat tahun di tambang habis oleh para minner.

Bitcoin layaknya tidak seperti mata uang kertas pada umumnya yang terus menerus dicetak dalam bentuk nyata berbahan kertas maupun logam melainkan hanya akan tersedia dalam bentuk versi di dunia digital.

Bitcoin mempunyai kelebihan yang sangat menonjol sebagai alat transaksi pengiriman uang versi digital secara cepat kemana saja sampai ujung penjuru duniapun secara peer to peer
pengguna ke pengguna asalkan ada koneksi internet maka pengguna akan mudah mengakses bitcoin untuk melakukan transaksi pengiriman bitcoin ini yang bisa di tukarkan ke dalam bentuk mata uang secara instan yang berlaku di setiap negaranya oleh user yang memiliki akun bitcoin seperti di indonesia melalui marketplace terbesar di Indonesia vip.bitcoin.co.id

Biaya pengiriman juga sangat relativ murah bahkan hampir nol mungkin akan di berlakukan pajak di setiap negara pasti berbeda untuk berapa besar pajak yang di berlakukan untuk satu kali  transaksi pengiriman.

Pembayaran bitcoin sendiri menggunakan tekhnologi blokchain
dimana blockchain ini berperan penting sebagai buku besar untuk mencatat semua transaksi secara transparan dan melihat detail dari semua rangkaian block transaksi yang terurai melacak siapa yang menyampaikan block sehingga sampai ke alamat rekening tertuju
transaksi ini cukup aman karena sistem blokchain membenamkan peer ke peer secara berantai dan sangat sulit untuk di palsukan transaksinya sehingga sampai saat ini belum ada laporan kasus pencurian uang digital karena laporan pembayaran tidak akan bisa di modifikasi bahkan dimanipulasi keaslianya.

Keunggulan Bitcoin 

- Bitcoin memiliki keamanan menggunakan alogaritma matematika yang sangat rumit dan kompleks sehingga sangat sulit diretas bahkan tidak mungkin di retas karena seorang yang akan meretas harus bisa mematikan jaringan komputer di seluruh dunia secara bersamaan
 - Memiliki konsep seperti emas
Memang betul seperti emas di mana Bitcoin konsepnya seperti  membeli emas di waktu murah dan menjualnya di saat harga mahal untuk memperoleh keuntungan di selisih harga pertama beli dan menjual kembali pada saat harga mahal
di awal harga 1 bitcoin di tahun 2009 hanya bernilai 0.3 dollar dan sekarang sampai article ini di tulis harga bitcoin mencapai 55 juta per satu bitcoin.
nikainya sangat fluktuaktif.
- Bitcoin tidak mudah rusak seperti halnya mata uang kertas atau logam.
- Mengirim uang secara cepat sampai ke penjuru dunia.
- Biaya transaksi kecil bahakan bisa sampai nol rupiah dan berlaku berapa persen dari pemotongan saldo apabila anda bertransaksi menggunakan marketplace.
 - sebagai mata uang digital dunia
   Karena pemain bitcoin bukan hanya di indonesia saja melainkan di negara lainnya.
 - Tidak terpengaruh oleh politik dan pemerintahan di beberapa negara sehingga bitcoin bisa sebagi pelindung dari inflasi.
 - Sebagi tabungan atau aset digital apabila sewaktu waktu harga bitcoin naik tinggi    anda bisa menjualnya dengan harga tinggi.
  - sebagi investasi jangka panjang.
  - sebagai alat pembayaran digital yang bersifat global.
  - bitcoin tidak bisa di kontrol oleh perorangan,suatu lembaga dan pemerintahan.
  - Bisa di tradingkan
  Konsepnya
  •Beli di saat harga turun
  •Jual di saat harga naik
 anda bisa mengambil keuntungan dari hasil yang di  tradingkan di  marketplace.

  Kelemahan Bitcoin

  - Nilai harganya tidak stabil sangat fluktuaktif bisa naik tinggi bisa juga turun karena murni di pengaruhi oleh suplai dan demmand.
  - Di anggap sebagai alat pencucian uang karena identitas asli pengguna bitcoin tidak akan di ketahui oleh si pengirim karena akan muncul alamat rekening saja
sangat di sayangkan karena mata uang bitcoin ini sebenarnya sangat bagus seperti kasus peretasan pengiriman virus ransomware yang pernah gempar bulan lalu dimana si peretas menyandra komputer dan meminta tebusan melalui bitcoin dengan menyertakan alamat pengirim cara ini memang mengenalkan bitcoin kepada publik
akan tetapi dengan cara yang salah.
  -Transaksi tidak bisa di batalkan
apabila anda salah mengirim ke alamat bitcoin ke pengguna lain maka jalan satunya si penerima lah yah bisa mengirim balik ke alamat rekening bitcoin anda.
  - Sangat beresiko hilang
 Karena bitcoin di simpan dalam  bentuk file /wallet file hardisk maka jangan    sampai anda mengalami kerusakan pada perangkat elektronik anda mungkin di  simpan ke pihak ketiga seperti market penyedia layanan jual beli bitcoin penyedia  wallet.
  - masih belum banyak yang tau cara bertransaksi bitcoin sehingga kurang nyaman  dalam bertransaksi.

Menurut pengamatan saya
mata uang bitcoin dari waktu ke waktu megalami banyak kenaikan bahkan sangat stabil di banding mata uang digital lainya.

Baca juga :Cara Membuat Akun Di vip.Bitcoin.co.id Full Aproved

Setelah mengalami hard fork segwit pada tanggal 1 agustus 2017 untuk memperbesar kapasitas dan mempercepat dalam satu blok
harga bitcoin yang banyak di perdebatkan akan turun malah semakin menanjak tinggi secara nyata bitcoin menunjukan mata uang yang paling kuat dan bisa bertahan dalam isu apapun.

Mengenal apa itu bitcoin keunggulan serta kelemahan yang paling terlihat
semoga article ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda menyimpan Bitcoin untuk investasi jangka panjang semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Bitcoin Kelebihan dan kelemahanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel